Email : inash@inash.or.id

Back

EDUCATION DETAIL

image



KATA PENGANTAR

Panduan tatalaksana hipertensi telah banyak diterbitkan oleh organisasi profesi dan keseminatan di Indonesia tetapi panduan khusus mengenai hipertensi resisten belum tersentuh. Resistensi hipertensi merupakan subtipe penting dari hipertensi yang dapat mengakibatkan peningkatan risiko penyakit serebrovaskuler, kardiovaskuler, dan ginjal. Pasien dengan hipertensi resisten menghadapi beban komplikasi yang lebih berat serta tantangan dalam pengobatan guna mencapai kontrol tekanan darah. Berbagai upaya dilakukan untuk mengoptimalkan diagnosis hipertensi resisten sejati, memperbaiki metode penatalaksanaan yang telah ada, dan mengembangkan teknologi terbaru dalam pengobatan hipertensi sejati. Oleh karena itu sangat beralasan jika Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) menerbitkan Panduan Tatalaksana Hipertensi Resisten 2024.
Kesadaran terhadap hipertensi sebagai faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler, stroke, disabilitas, dan kematian terus meningkat dalam 30 tahun terakhir. Namun, sebagian proporsi pasien hipertensif usia dewasa didapati masih belum dapat mencapai tekanan darah optimal meskipun modifikasi gaya hidup dan terapi antihipertensi telah diberikan. Pendekatan diagnostik hipertensi resisten diperlukan agar para klinisi dapat lebih awal mendeteksi kondisi ini sehingga tatalaksana maupun intervensi yang sesuai dapat dilakukan. Saya percaya bahwa pedoman yang telah disusun oleh para kontributor ahli di bidangnya ini layak menjadi acuan dalam deteksi dan pengobatan hipertensi resisten di Indonesia.
Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu mewujudkan penerbitan dokumen ini. Secara khusus saya mengapresi keikutsertaan Kementerian Kesehatan Republik Indonsesia dalam penyusunan panduan ini sehingga isinya terintegrasi dengan kebijakan dan program kesehatan di Indonesia.
 
Ketua PERHI/InaSH
dr. Erwinanto, Sp.JP(K), FIHA

The Benefits of Joining INASH

Join inash to receive the latest hypertension news, featured in our publications. open to all current health care professionals and every member of the community.